Bansos Rastra Didistribusikan di Humbang Hasundutan Doloksanggul (Protokol)


Doloksanggul (Protokol)-Pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan bekerjasama dengan Perum bulog sub divisi regional II Pematangsiantar mendistribusikan bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) ke wilayah Humbang Hasundutan, Selasa (30/1) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Pendistribusian itu dirangkai dengan sosialisasi sekaligus peluncuran bansos rastra untuk wilayah Humbang Hasundutan.

Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora dalam sambutannya sangat menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi bansos rastra ini, untuk saling meningkatkan pemahaman, koordinasi dan keselarasan dari seluruh jajaran Pemerinatah Kabupaten Humbang Hasundutan sampai tingkat desa dalam penyalurannya. Sosialisasi juga didukung Perum bulog sub devisi regional II Pematangsiantar.

Dikatakan lagi, pemerintah terus meningkatkan kualitas pelaksanaan jaminan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat tidak mampu yang selama ini dilaksanakan melalui program subsidi raskin (beras miskin) atau rastra. Untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran terkait pelaksanaan program subsidi raskin/rastra, pemerintah telah menetapkan kebijakan transformasi program subsidi raskin/rastra menjadi program bansos pangan. Bansos pangan pada tahun 2018 ini dilaksanakan melalui bantuan pangan non tunai dan bansos rastra. Untuk Humbang Hasundutan yang digulirkan yaitu bansos rastra. Masyarakat diberikan bansos berupa beras berkualitas medium kepada keluarga penerima manfaat. Dengan jumlah 10 kg setiap bulannya tanpa dikenakan harga atau biaya tebus.

Dalam pelaksanaan penyaluran, Perum bulog mendapat tugas untuk mendistribusikan bansos rastra hingga titik distribusi yaitu ke kantor camat. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bertanggungjawab dalam pendistribusian sampai ke tingkat desa masing-masing. Penyaluran bansos rastra itu diharapkan sampai tanggal 25 setiap bulannya. Kecuali di wilayah tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus karena faktor geografis, transportasi dan keterbatasan sarana lainnya. Bansos ini diharapkan dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan pangan keluarga sehingga bisa mengurangi pengeluaran dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Dalam sosialisasi itu, Wakil Bupati Humbang Hasundutan  Saut Parlindungan Simamora bersama Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional II Pematangsiantar Erlinawita Rambe, ST dan Asisten Pemerintahan Drs. Tonny Sihombing memberikan buku petunjuk teknis dan daftar penerima manfaat kepada seluruh camat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sekaligus peluncuran bantuan sosial rastra.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini :

Bansos Rastra Didistribusikan di Humbang Hasundutan