Bertolak Ke Bandung, Presiden Akan Bicara Di Hadapan 1.000 Millenial


Pagi ini, Senin 18 Desember 2017, Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Bandung dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 08.15 WIB. Tiba di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara Bandung pada pukul 08.45 WIB, Presiden disambut Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Di Bandung, Presiden akan berbicara di hadapan sekira 1.000 millineal dalam acara Entrepreneurs Wanted!. Acara tersebut digelar di Gedung Sasana Budaya Ganesa ITB.

Setelah berbicara di ITB, Presiden akan kembali ke Jakarta dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Jakarta pada pukul 12.00 WIB.

Turut menyertai Presiden dalam penerbangan ke Bandung, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Paspampres Bergaya Casual

Ada yang berbeda dari kunjungan kerja Presiden ke Bandung, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menggunakan pakaian bergaya casual. Mereka mengenakan kaos berkerah lengan pendek berwarna cokelat dan celana panjang berwarna hitam. Biasanya Presiden dan Paspampres mengenakan pakaian yang selaras. Tapi kali ini, Presiden mengenakan pakaian sipil lengkap (PSL) atau biasa disebut jas. Sebenarnya di draft acara telah disepakati bahwa pakaian yang digunakan adalah smart casual.

Saat bertemu Presiden di pagi hari sebelum keberangkatan menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdankusuma Jakarta dari Istana Kepresidenan Bogor, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan dirinya terkejut melihat Presiden mengenakan baju putih lengan panjang dan dasi berwarna merah serta celana panjang berwarna biru serta membawa jas di tangan kanannya.

“Selamat pagi Bapak,” ucap Suhartono menceritakan peristiwa pagi tadi. Presiden hanya membalas dengan tersenyum-senyum.

Sadar dirinya ‘dikerjain’ Presiden, Suhartono menyampaikan kepada jajarannya untuk tidak memberitahukan pakaian yang dikenakan Presiden kepada rombongan Presiden lainnya yang telah menunggu di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

“Tidak usah diberitahu pakaian yang digunakan Presiden ke Halim, biar saja bergaya smart casual,” ucap Suhartono kepada jajarannya.

Salah satu anggota rombongan yang menanti Presiden di Halim diantaranya adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Aku pakai baju begini (smart casual) dan sepatu kets. Eh, Pak Presiden pakai baju resmi,” ucap Pramono tersenyum-senyum.

Bandung, 18 Desember 2017

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin