Bupati Humbahas Canangkan BBGRM ke-14 dan HKG PKK ke-45


Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45, Senin (21/8) dicanangkan oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE di Desa Aek Godang Arbaan Kecamatan Onan Ganjang.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Nicolas Ary Lilipaly dan rombongan disematkan topi gotong royong oleh tokoh adat Aek Godang

Pencanangan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE didamping Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Nicolas Ary Lilipaly, Dandim 0210/ TU yang diwakili Pabung, Mayor Junaedi, Wakil Ketua I TP. PKK Kabupaten, Tiur Mariati Saut Parlindungan Simamora, Ketua Ketua II PKK Kabupaten, Ny. Betty Saul Situmorang, Kaban PMDP2A, Drs. Vandeik Simanungkalit, MM.

Wakil Ketua I TP. PKK Humbahas, Ny. Tiur Mariati Saut Simamora didampingi Wakil Ketua II TP. PKK, Ny. Betti Saul Situmorang bersama Kader PKK lainnya ketika menyanyikan Mars PKK

Ketua Umum TP. PKK Pusat, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil I TP. PKK Kabupaten, Ny. Tiur Mariati Saut Parlindugan Simamora mengajak masyarakat untuk mengucapkan ‘hidup dan jaya-lah PKK’. Hal ini disampaikan mengingat usia PKK saat ini termasuk usia yang produktif kalau diibaratkan seorang manusia, yaitu usia 45 tahun. Yel-yel yang diambil dari syair ‘mars PKK’ ini perlu senantiasa dikumandangkan untuk memompa semangat, sekaligus memelihara motivasi kita selaku kader PKK.

Masih dalam sambutan Ketua TP. PKK Pusat, tema sentral Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini adalah ‘Dengan HKG PKK ke-45 Tahun 2017, kita lakukan akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerak PKK’. Tema tersebut mengandung makna bahwa melalui momentum  Peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi atau percepatan program-program PKK.

Sementara itu, Wakil Ketua II TP. PKK Kabupaten, Ny. Betti Saul Situmorang  membacakan sejarah singkat Gerakan PKK yang bermula dari Seminar Home Economic di Bogor tahun 1957 yang merumuskan 10 segi kehidupan keluarga. Kemudian tahun 1961, 10 segi Kehidupan Keluarga menjadi kurikulum Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang diajarkan disekolah. Pada tahun 1962, didirikan Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat (PLPM) untuk menyebarluaskan 10 segi kehidupan keluarga.

Pada tahun 1967 kehidupan sebagian masyarakat Jawa Tengah sangat menyedihkan sehingga menyentuh hati Isriati Moenadi sebagai Istri Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, sehingga beliau menganjurkan untuk membentuk PKK dari tingkat provinsi sampai tingkat desa. Dan pada 27 Desember 1972, Mendagri mengirimkan surat kawat SUS/3/6/12 tanggal 27 Desember 1972 untuk merubah nama Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga dan tembusan kepada Gubernur seluruh Indonesia.

Sejalan dengan himbauan Ketua TP. PKK Pusat itu, mewakili Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Nicolas Ary Lilipaly menghimbau seluruh kader PKK untuk bekerja nyata. PKK diharapkan mampu untuk mengimplementasikan program-program yang ada, sehingga bisa dirasakan masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ary juga mengingatkan agar semua perangkat desa, secara khusus kepala desa untuk memanfaatkan dana desa yang bersumber dari APBN dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para ibu dan kaum perempuan, para penggiat PKK di seluruh pelosok tanah air yang tanpa lelah dan penuh semangat telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

Secara khusus, Dosmar juga mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada TP. PKK baik tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa atas capaian-capaian yang selama ini telah dikerjakan. Ke depan, diharapkan PKK lebih berperan dan menjadi ujung tombak dalam melaksanakan program-program prioritas pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Kondisi Permukaan Jalan akses menuju lahan pertanian masyarakat Aek Godang

Bupati Humbahas juga menyampaikan terimakasih dan selamat kepada Kepala Desa Aek Godang Arbaan dan seluruh masyarakat desa, dimana Desa Aek Godang Arbaan menjadi tempat diselenggarakannya acara Puncak Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-45 tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan.

Di tengah acara, dilakukan penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20 desa percontohan binaan kabupaten yang secara simbolis diserahkan kepada 5 desa dan alat memasak kepada Juara-juara lomba memasak tingkat kabupaten, sebagai juara I, Kecamatan Paranginan, Juara II Kecamatan Pollung dan Juara III Kecamatan Lintongnihuta. Selain ketiga juara, diserahkan juga untuk juara harapan I, II dan III serta hadiah hiburan.

Situasi gotong royong masyarakat Aek Godang bersama Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama rombongan

Sebelum pelaksanaan acara Pencanangan BBGRM ke-14 dan HKG ke-45, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Nicolas Ary Lilipaly, Dandim 0210/ TU yang diwakili Pabung Mayor Junaedi Tarigan beserta seluruh rombongan meninjau kegiatan gotong royong yang sudah dilaksanakan selama satu setengah bulan yang dibawah pimpinan kepala Desa Aek Godang Arbaan, Marganti Sibagariang.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Nicolas Ary Lilipaly dan rombongan bergotong royong bersama masyarkat

Pada kegiatan gotong royong bersama masyarakat Desa Aek Godang, Dosmar bersama rombongan menyempatkan diri bergabung membuka jalan membuka akses menuju lahan pertanian masyarakat. Dosmar menghimbau agar dinas terkait member perhatian, dan mengerahkan alat berat untuk pembukaan jalan menuju lahan-lahan pertanian masyarakat.

Siswa SD Inpres Desa Aek Godang memberangkatkan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE bersama rombongan dari Desa Aek Godang

Desa Aek Godang Arbaan adalah desa yang berada paling ujung selatan kecamatan Onan Ganjang, yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pakkat. Desa ini memiliki 2 dusun, yaitu dusun Aek Godang dan dusun Arbaan dengan jumlah penduduk 823 jiwa dengan mata pencaharian utama, petani sekitar 95%.

Kegiatan ini diikuti oleh Pengurus Tim Penggerak PKK Desa Percontohan se-Kabupaten Humbahas, Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Humbahas, Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Humbahas, Camat Onan Ganjang, R. Lumbantoruan, SPd, Kapolsek Onan Ganjang, AKP AB Manihuruk, para SKPD dan camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan. (rel/ ST/Kominfo)