Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE Sosialisasikan Program Tanaman Jagung


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE mengunjungi Desa Sigalogo Kecamatan Onanganjang untuk mensosialisasikan program tanaman jagung, Kamis (12/10).  Dalam kunjungan itu, Bupati Humbahas didampingi beberapa pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bersama Camat Onanganjang Rahmat Lumbantoruan, SPd.

Tiba di Onanganjang, Bupati Humbahas langsung meninjau pembangunan gedung PAUD Melati Sigalogo yang bersumber dari dana desa. Kehadiran rombongan itu disambut Kades Sigalogo Parulian Purba dan ratusan masyarakat setempat.

Bupati Humbahas mengatakan kehadirannya di Desa Sigalogo sosialisasi terkait penanaman jagung. Harga jagung sudah ada kepastian, saat ini harga jagung termurah Rp 3.500. Pemerintah sudah menjalin kerjasama dengan pihak terkait, semua hasil jagung dari Humbang Hasundutan akan ditampung. “Masyarakat jangan berpikir, kalau jagung kami ini panen kemana dijual. Pemerintah sudah memikirkan itu dan semua hasil panen jagung sudah ada yang menampung dengan harga menjanjikan. Tanaman-tanaman kita yang selama ini tetap dilanjutkan, jangan jadi ditinggalkan. Jangan gara-gara jagung tanaman yang lain jadi tinggal” ucap Bupati Humbahas.

Untuk mengolah lahan jagung itu, Bupati Humbahas menyerahkan alsintan berupa escavotor dan traktor besar guna membantu masyarakat. Sehingga pengolahan lahan bisa cepat terealisasi. Biaya pengolahan lahan dibayar pasca panen.  Tanaman jagung sangat ekonomis baik dari sisi pengolahan hingga perawatan bahkan harga jual terjamin dan menjanjikan. Sehingga sangat diharapkan agar petani serius dalam bercocok tanam jagung ini.  Mengenai pupuk, harus melalui kelompok tani dan dipandu petugas PPS yang sudah ada di setiap desa.

Sementara Kadis Pertanian Junter Marbun menjelaskan rencana penanaman jagung di Desa Sigalogo seluas 363,12 hektar. Saat  ini yang sudah tertanam sudah 7,5 hektar sedangkan lahan yang sudah siap lahannya 32,12 hektar. Lahan yang akan diolah alsintan berupa escavotor ada seluas 60 hektar sedangkan menggunakan traktor 80 hektarlagi.

Usai sosialisasi tanaman jagung, Bupati Humbahas bersama rombongan meninjau jalan sepanjang 5 km di Desa Banuarea Kecamatan Pakkat. (rel/rhs)