Pemkab Humbahas Gratiskan 150 Siswa Bimbingan Test Di GO


Doloksanggul —

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan gratiskan bimbingan test kepada 150 siswa kelas IX SMP yang diproyeksikan masuk Sekolah Unggulan, hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Jamilin Purba dalam sambutannya pada acara Ujian Seleksi (7/8) di SMP Negeri 2 Doloksanggul. Kegiatan ini tidak semata-mata proses perekrutan tetapi nantinya menjadi wahana belajar bagi anak didik yang masuk. ‘Selamat kepada yang terpilih mengikuti seleksi  dan silahkan bersaing sehat memperebutkan peluang ini.’ Ujarnya.

Jamilin menambahkan adapun program ini untuk mendukung Pemerintah Daerah memajukan pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemkab juga memberikan beasiswa penuh kepada keluarga miskin yang masuk ke SMA unggulan dan 10 Perguruan Tinggi favorit.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Penidikan, Kristison Marbun kepada media menjelaskan biaya untuk 150 peserta untuk dibimbing di Ganesha Operation merupakan dana CSR dari Inalum sebesar Rp. 210 juta. Jumlah 150 kita rekrut karena kemampuan keuangan CSR ini, sementara peminat yang mendaftar untuk disaring berjumlah 384 orang.

Lanjutnya, 150 siswa disaring dari 3 sekolah yaitu SMP Negeri 2 Doloksangul, SMP Negeri 1 Pollung dan SMP Negeri 1 Lintongnihuta. Masing-masing SMP ini direkrut 50 orang persekolah dengan total 150 siswa.

Peserta ujian terlihat antusias mengikuti ujian yang dilaksanakan oleh Ganesha Operation (GO) cabang Doloksanggul di SMP Negeri 2 Doloksanggul. (rel/ ST/ Kominfo)