Pemkab Humbahas Latih ASN Tentang Keprotokolan


Doloksanggul—

Untuk meningkatkan pemahaman ASN tentang fungsi dan tugas masing-masing dalam suatu acara, Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan Bimbingan Teknis Keprotokolan (10/8) di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi. Acara yang dilaksanakan satu hari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora.

Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindugan Simamora membuka secara resmi Bimtek Keprotokolan (10/8) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul

Dalam sambutan tertulisnya, Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora menjelaskanakan pentingnya keprotokolan karena semua acara resmi dan kenegaraan tanpa pemahaman masing-masing akan tugas dan tupoksinya, acara tidak akan berjalan dengan baik. Keprotokolan pada hakekatnya adalah bagaimana kita memperlakukan seseorang, baik pejabat di wilayah kita sendiri ataupun tamu dari luar daerah yang datang ke daerah kita melingkupi pejabat Negara, pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat sesuai dengan kedudukan dan jabatannya dalam Negara, pemerintahan dan masyarakat sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik dan harmonis.

 

Suasana Bimtek Keprotokolan di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi (10/8)

Protokol memiliki arti yang lebih luas daripada sekedar membawa acara. Protokol merupakan serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan.

Bimbingan teknis ini dilaksanakan dengan tujuan agar tidak terjadi lagi persepsi yang sempit tentang fungsi dan tugas protokol. Selain itu para ASN dapat memahami bagaimana beretika yang baik dalam menghormati seseorang pejabat atau masyarakat di daerah sendiri maupun tamu yang datang dari daerah lain, sehingga tercipta hubungan yang saling menghargai.

Kasubbag Hubungan Keprotokolan Kementerian Dalam Negeri, Gentur H. Anggoro, SSTP menyampaikan pemaparan pada acara Bimtek Keprotokolan di Pendopo

Bertindak sebagai narasumber pada acara ini, Kasubbag Hubungan Keprotokolan Kementerian Dalam Negeri, Gentur H. Anggoro, SSTP, dengan topic Keprotokolan berdasar UU No. 9 Tahun 2010. Gentur menjelaskan bahwa Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam Negara, pemerintahan atau masyarakat.

Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindugan Simamora (tengah) didampingi Asisten Pemerintahan Drs. Tonny Sihombing (kiri) dan Kasubbag Keprotokolan Kemendagri, Gentur H. Anggoro

Turut hadir pada acara ini, para  asisten, pimpinan SKPD, Camat dan peserta bimtek. (rel / ST / Kominfo)