Poktan Sepadan Lintongnihuta Tanam Jagung 3 ha


Kelompok Tani (Poktan) Sepadan, Desa Nagasaribu III Kecamatan Lintongnihuta lakukan penanaman jagung lebih kurang 3 ha, penanaman ini merupakan lanjutan program Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam rangka ketahanan pangan dengan Upsus Pajale. (29/8) di Desa Nagasaribu III. Camat Lintongnihuta, Jara Trisepto Lumbantoruan, SPd, MM mengatakan kepada media, bahwa penanaman jagung ini merupakan salah satu program Pemkab Humbahas mendukung Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale). Kecamatan Lintongnihuta untuk tahap pertama akan menyediakan 100 ha lahan dan tahap kedua 719 ha untuk program 10.000 ha jagung di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Didampingi PPL Kecamatan, Jara Trisepto menambahkan, sejauh ini, penanaman sudah dilakukan lebih kurang 25 ha lahan dan lahan yang sudah diolah lebih kurang 100 ha. Untuk lahan yang lainnya kita menunggu traktor, karena brigade traktor lagi beroperasi ke daerah lain. Turut hadir dalam penanaman jagung ini, Danramil Lintongnihuta diwakili Pati Tuud Pelda J. E Silaban, Kadis Kominfo, Drs. Hotman Hutasoit, Kades Nagasaribu III, Harman Siburian dan seluruh PPL Lintongnihuta yang dikoordinir Addan RZH Simamora, SP serta seluruh anggota kelompok tani Sepadan.

Disela-sela penanaman jagung, Ketua Poktan Sepadan, Hotben Hutasoit didampingi Sekretaris Martin Hutasoit menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah memberikan bantuan kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui kelompok tani. Sekaitan dengan penanaman jagung ini, Poktan Sepadan juga mengharapkan bantuan nantinya untuk mesin pemipil jagung. “Dengan penanaman jagung ini tentu kita berharap untuk hasil yang maksimal, untuk itu kami mengharapkan kepada pemerintah untuk membantu kami dengan mesin pemipil”, ujarnya. (Rel/ ST/ Kominfo)